Wisata Coban Pitu Pujon Kota Malang – Coban Pitu Pujon, sejak dulu yang berada di Malang, pesonanya tiada akhir. Semakin lama menjelajahinya, semakin tenggelam kita di belantara keindahan alamnya. Melalui jajaran pegunungan di wilayahnya, bertebaran wisata air terjun yang turut mendefinisikan pesona keindahannya.

Selain di Tumpang, Pujon juga memiliki air terjun bernama Coban Pitu. Di Jawa Timur air terjun sering kali di sebut “coban”, maka jadilah wanawisata ini di namakan Sumber Coban Pitu. Pastikan kamu suka dan segera meluncur ke Desa Pujon Kidul, Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

Daya Tarik Coban Pitu

Sebagai saran, jangan salah memilih tujuan. Menggambarkan air terjun yang berlokasi di daerah Pujon Selatan, bukan yang ada di daerah Tumpang. Jarak kedua air terjun tersebut cukup jauh hingga membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan.

Sumber Coban Pitu di Pujon merupakan salah satu wisata yang sangat indah. Menawarkan benteng tebing berkarakter khas sebagai penggambaran kokohnya perlindungan alam. Hijau merupakan warna yang mendominasi, melalui tetumbuhan yang menyelimuti kekokohan tebing itu.

Warna hijau alam yang berkombinasi dengan karakter keras bebatuan tebing, semakin cantik dengan garis-garis air yang jatuh dari celah-celahnya. Siapa saja pasti secara jujur mengaguminya.

Aktivitas di Coban Coban Pitu

Dari manapun arah kedatangan kamu, nuansa pegunungan akan menyertainya. Jadi, persiapkanlah tujuan wisata kamu sejak tiba di Malang Raya. Mengkondisikan suasana hati yang senang itu penting, mengingat perjalanan ini panjang. Itu masih akan di tambah perjuangan melalui medan yang cukup menantang.

Seiring kedekatan jarak, cobalah bersahabat dengan suasana perdesaan. Kagumi alamnya, resapi sejuk udaranya atau hayati polos wajah penduduknya. Umumnya pengunjung memarkir kendaraan di pos pertama. Klaau memungkinkan jalan tidak licin kamu juga bisa parkir di pos selanjutnya.

Dari pos tersebut persiapkanlah energi yang banyak, jalur setapak berundak mulai menantang dan melalui perkebunan sayur. Sekurang-kurangnya satu jam mendaki sebelum kemudian menikmati jalur turunan yang cenderung licin.

Ketahuilah bahwa tali tersebut juga sebagai pembatas jalan dengan jurang yang curam. Air Terjun Coban Tunggal akan menjadi menu pembuka untuk menikmati percikan dinginnya air pegunungan. Beristirahatlah dan nikmati yang ada sebelum belok ke kiri dan melihat Coban Pitu dari kejauhan.

Baca juga : 5 Rekomendasi Wisata di Lamongan

Perhatikan juga medannya, sadarlah bahwa jalan menanjak yang terjal kembali menuntut perjuangan. Hati-hati dengan licinnya medan bebatuan dengan tali tambang di kiri kanannya. Selamat datang di Coban Pitu (sebagian yang lain menyebut Coban Gerojokan Pitu).

Rute Air Terjun Coban Pitu

Setidaknya ada dua rute yang bergantung arah kedatangan kamu. Rute pertama adalah Malang-Batu-Pujon. Ketika sampai di Kota Batu, lanjutkan ke arah Pujon sampai di pertigaan patung sapi, pintu masuk Air Terjun Coban Rondo.

Lewati pertigaan tersebut dan temukanlah pertigaan lain yang tidak jauh. Pertigaan kedua ini bernama Ringin Punden, belok kiri menuju Dusun Tulungrejo di Desa Pujon Kidul. Ikuti jalan itu dan temukan petunjuk ke Coban Pitu. Belok ke kiri memasuki perkebunan warga dan sampailah di Pos Registrasi.

Rute kedua adalah khusus bagi pengunjung yang datang dari arah Kabupaten Kediri atau Kabupaten Jombang. Lanjutkan perjalanan ke arah Kota Batu melalui Kasembon dan Ngantang. Teruskan hingga sampai di pertigaan Ringin Punden sebelum gerbang wilayah Kota Batu.